Kamis, 26 Agustus 2010

sepotong cerita dari jakarta

 
            Saya yakin, semua orang di dunia ini pasti pernah mengecap pengalaman buruk dalam hidup. Namun, pernahkah pengalaman itu menjadi titik akhir akan sebuah kelalaian yang anda perbuat? Pernahkah pengalaman buruk itu menjadi sebuah bahan introspeksi diri anda? Yah…kebanyakan manusia menganggap pengalaman buruk hanyalah sebuah kepingan dari cerita kehidupan yang dijalaninya. Sedikit sekali orang memanfaatkannya sebagai bahan referensi untuk merubah hidupnya ke arah yang lebih baik.
            Meskipun saya telah melontarkan statmen itu, tak lantas membuat saya berubah dalam memandang pengalaman buruk. Tapi untungnya, sekeping cerita dalam hidup yang saya jalani, menyadarkan saya. Kejadian ini cukup membuat saya malu dan membuat muka saya mengekspresikan rasa masam ketika saya makan buah ampalam. (Tahukan buah ampalam? Kalo nggak tahu jangan menyatakan diri sebagai urang banjar wal ae).
            Jadi gini, waktu mengikuti acara Forum Pelajar Indonesia, yakni sebuah forum dimana pesertanya adalah pelajar dari seluruh Indonesia (ada 205 pelajar yang berhasil dijaring dari proses seleksi sebanyak 500 siswa, sekitar 23 provinsi dan 55 sekolah). Kegiatannya tuh kaya orang dewasa deh... pokoknya setiap hari kami keluar masuk gedung kementrian dan mengikuti seminar2 dengan tokoh2 bangsa ini. Seminar sama mentri2, anggota DPR dan anggota KPK juga menjadi agenda dari kegiatan ini.  Saya kan ketemu banyak pelajar dari seluruh Indonesia tuh… Nah otomatis saya berinteraksi dong sama mereka…beberapa kali proses interaksi saya berakhir dengan sukses. Pertama kali saya kenalan sama orang Makassar yang ngomongnya lucu banget. Kayak ada falset geto di akhir kalimat yang diucapkannya. Saya sampai lelah menahan mulut saya yang memaksa minta dibuka untuk mengekspresikan tawa. Tapi… ya jelas saya tahan dong…giLa./.nggak sopan banget kalo saya ketawa di hadapan dia!!Wkwkw….
            Tapi, kegembiraan bertemu dengan banyak orang dari seluruh Indonesia yang punya karakter dan intonasi bicara yang unik, tak lantas bersemayam dalam diri saya. Hari ke-dua saya kenalan sama anak dari asrama seberang. Yah memang asrama kami dibagi 2 yakni aster dan melati… Kalo saya kebetulan di asrama aster, yang akrab kami sebut geng “Aster Waka-waka”. Dan perlu dicatat, waktu itu saya sekamar sama anak dari aceh dan tanggerang. Hehe///
            Okk…kembali ke cerita. Jadi hari itu saya banyak kenalan sama anak-anak seberang. Namun, ada 3 orang yang bikin hati saya kaya di cakar kucing… wuah mangkel abiezz deh… Kok bisa?! Oke… jadi pas kenalan kan kita nyebutin tuh nama dan dari daerah mana. Terus dia nanya…
            “Namanya siapa?”
            “Tya… kamu?”
            “….” (disensor yah temen2. Demi kenyamanan kita bersama. Kalo nggak kayak gini saya terancam punah)
            “Oh… dari daerah mana, Tya?”
            “Ehm… Tya dari Kalsel”
            “ Ouh… Kalsel ituuuu yang isinya cuma hutan itu kan? Kata temen aku masyarakat Kalsel itu primitif banget. Bener nggak sih? Yah, gimana nggak primitif? Lingkungannya aja hutan semua..ahaha… Huh… untung juga yah ada anak KalseL yang bisa lolos seleksi dan ikut forum ini. Hehe…”
Buggg…. Gila!!! Berani banget yah tu orang. Siapa yang nggak marah coba kalo daerah tercinta dibilang kayak gitu? ‘n’ ironisnya nieh kejadian itu bukan hanya sekali saya alami, melainkan 3 kali berturut-turut dan akhirnya membuat saya jadi manggut-manggut kaya semut yang sangat imuet…(Ribet banget Yee kalimatnya). Sebenarnya saya masih ingat wajah 3 makhluk itu beserta daerahnya masing2. Tapi… segalanya sudah disensor dengan baik dan tidak seharusnya saya marah dengan mereka. Sebab…. Yah…. Liat aja nanti… saya ngelanjutin ceritanya dulu yah.
Terus… abis kejadian itu, saya cuma diam seribu bahasa. Pokonya senyum saya sampai musnah ketelen bumi deh. Beugh… bête bangeeettttt…. Dan parahnya nieh anak2 banua… pas saya nyebutin daerah kita, ternyata banyak yang nggak tahu loh… arkian mereka nanya kayak gini: “Kalsel itu apa sih? di mana? Ada apa aja di sana?” Waduwww….makin mangkel nih hati, tapi Alhamdulillah sebuah ilham turun pada hati saya yang mangkelnya udah nggak ketulungan. Semua kejadian ini menyadarkan saya bahwa eksistensi KalSel ternyata masih belum kuat di kancah Nasional (makanya saya bilang saya nggak boleh marah sama orang2 itu). Meskipun memang kurang relevan sieh kalo saya langsung menyimpulkan hal ini hanya dengan melihat bukti kecil yang terjadi pada diri saya barusan. Tapi, minimal temen2 saya di FoR banyak yang nggak tau tentang KalSel.
Arkian, timbullah niat dalam diri saya untuk merubah kenyataan ini. Minimal di kandang FoR aja. So… saya mencoba seaktif mungkin memperkenalkan daerah kita sama temen2 yang lain kalo lagi berinteraksi. Terus, biar anak2 KalSel nggak dibilang primitif atau nggak bisa apa2, saya dan temen2 KalsEl yang lain kayak Ran, K Azizah, dan Zia, mencoba menjadi peserta yang aktif, misalnya kalo ada sesi pertanyaan, saya selalu menyiapkan sebuah pertanyaan. Namun, karena waktunya terbatas, sedangkan pesertanya ada 205 orang… so… kesempatan bertanya itu digilir tiap hari. Biar semua peserta yang pengen bertanya dapat giliran. Arkian saya cuma dapat satu kali kesempatan di hari pertama kepada tokoh wanita Indonesia : ibu Marwah Daud Ibrahim. Bete juga sieh… tapi nggak papa lah… syukur2 bisa  nanya lansung sama orang2 hebat itu.
Nah anak2 banua… udah pada tahu kan realitanya? So… apa yang bisa kita lakukan sebagai generasi banua ini? Mau diam aja? Mau dibiarin aja selarut-larutnya? Yah…jangan dong… Ayo bergerak!!! Karena kita masih punya kesempatan kok buat membantu pengembangan eksistensi KaLsel di kancah Nasional.
Apa yang bisa kita lakukan? Gampang kok… kita nggak harus jadi kuli bangunan buat ngebangun halte busway atau SEa world atau Grand Indonesia kayak di Jakarta biar bisa terkenal. Tapi, tunjukin dong dengan prestasi positif kita! Mulai sekarang… lakukanlah hal2 yang kreatif dan inovatif. Jangan Cuma termangu di hadapan laptop dan facebookan atau main game seharian. Jangan Cuma berinteraksi dengan pasif pada benda2 mati kayak televisi atau i-pod kita. Tapi… lakukan sesuatu… Tunjukkan sebuah aksi… sebuah karya yang menyertakan prestasi… biar banua kita bangga. Dan kalSel bukan hanya eksis di Nasional./. Kalo perlu seantero dunia atau bahkan tata surya tahu bahwa KalSel punya SDM2 yang berkualitas dan berani menghadapi tantangan untuk mencapai keberhasilan… bukan hanya memiliki banyak hutan dan kehidupan primitif semata… Ayooo anak2 banua…. Kita satukan tangan dan hati kita untuk merubah banua ini… kalau bukan kita yang merupakan generasi bangsa ini, siapa lagi? Terus… kalau tidak sekarang, kapan lagi? So… Are you agree with me?
Kursi jati, 24 august 010

Yaya_machoschocolatos de’viLLaris

6 komentar:

  1. ini hanya sebuah paparan realita.... semoga dapat dijadik,an satu motivasi///Amin

    BalasHapus
  2. thiya,follow my blog,,
    ehenismaster.blogspot.com

    BalasHapus
  3. weees pengalaman itu hal yang unik dan sulit dilupakan

    anda aku jadi kamu Yaya aku bakal senang banget bisa bertukar budaya dengan daerah lain

    mungkin kesempatan itu nanti ya aku dapatkan.Doakan bro

    BalasHapus
  4. AKU yakin qm bisa bro>>> tapi tanggapan qm tentang itu kayapa?/gila lo???

    BalasHapus