Sabtu, 21 Agustus 2010

nasionalisme dari kacamata bocah perubah masa depan bangsa


 
Udah pada tau belum apa itu MDG’s?????

MDG’s itu adalah Millenium Development Goal’s… jadi ini adalah sebuah progrom/misi sebuah Negara yang tujuannya untuk mencapai perdamaian dunia. Hingga saat ini, udah ada 65 negara yang menjadi member dan Indonesia salah satunya sekaligus mendukung penuh gerakan ini. MDG’s ini dinaungi oleh PBB. Ada 8 goals yang dimiliki MDG’s antara lain… memberantas kemiskinan, mengurangi angka buta huruf dan kelaparan, meningkatkan kesehatan ibu hamil, memberantas HIV dan AIDS, menjaga kelestarian lingkungan, mencegah pemanasan global dengan melakukan gerakan save our earth, n satunya lagi lupa (silakan cari sendiri yah). Nah, semua goals itu direncanakan akan terwujud pada tahun 2015. Ehm…berarti masih ada waktu sebanyak 5 tahun lagi dunk buat berbenah…mungkin nggak ya semua itu bisa diwujudkan di Indonesia dalam 5 tahun kedepan? Sampai saat ini aja di Indonesia angka kemiskinan masih menanjak, seakan tak mau turun dari ketinggian karena udah bisa ngeliat bintang (lho* apa hubungannya?!) ‘n’ perlu diketahui juga yah teman2, yang jadi agen utama buat ngewujudin program ini adalah kita lho… yah…capek juga yah jadi pelajar yang punya gelar AGENT OF CHANGE///
                Tapi nggak papa. Inikan baik untuk hidup kita? Soalnya sejak dini kita sudah dituntut dengan hal2 yang besar. So… kita jadi terbiasa menghadapi tantangan dan diharapkan kita bisa jadi pemimpin masa mendatang yang sukses dan bertanggung jawab. By the way… jalanan masih reme nih ama warna merah putih, ya iyalah…secara././ kita kan baru ngerayain 17 agustus..meskipun lagi puasa kayak gini, tetap semangat dong pastinya buat ngerayain hari jadi negeri tercinta. Itu melambangkan semangat nasionalisme kita lho/// Tahukan apa itu nasionalisme?
                Okk, kalo ada yang belum tau,, Yaya akan ngejelasin sebatas yang Yaya ketahui. Jadi Nasionalisme itu artinya semangat untuk mencintai dan menghargai negeri ini. Penting lho punya semangat nasionalisme buat diri kita. Apalagi kita kan masih muda, jadi udah harus sejak dini kita punya semangat itu. Terus gimana dong caranya biar kita bisa membuktikan kalo kita punya semangat nasionalisme?
                Berperang dengan bamboo runcing? Atau jadi pengusaha tekstil yang memproduksi bendera merah putih tapi semasa jadi pelajar nggak pernah ikut upacara bendera? Haha…. Banyak jalan menuju roma, kawan… dan banyak pula cara untuk menunjukkan semangat nasionalisme kita. Nggak perlu se-ekstrim itu…
                Kawan, banyak yang berdalih dengan mengikuti PASKIB dapat melambangkan nasionalisme bangsa kita. SEbenernya sih never mine… selama anak itu bertanggung jawab atas dalih yang telah dilontarkannya. Tapi Yaya punya temen nih… yang kebetulan anak PASKIB juga..Kalo dia nggak kena giliran ngibar, otomatis dia kan ikut tuh di barisan jadi peserta upacara. Aeh ternyata dari awal acara mpe akhir dia nyerocooocczzz terus.. huh….keliatan kan sisi ketidakrelevanannya? Ngomong nasionalisme sieh gampang… ngewujudinnnya yang susah. Kalo kata urang banjar mah (bisanya pender aja…buktinya ngalih mancari).]
                Yaya sih nggak papa, Cuma sedikit miris aja ngeliat ketidakrelevanan ini. Emang yah…dalam hidup ini ngomong tuh paling gampang. Tapi kebanyakan yang ada malah sebuahTong Kosong Nyaring Bunyinya…hehehe… Kalo menurut Yaya sih kita nggak usah ngomong yang terlalu luas untuk membicarakan Nasionalisme ini. Kita pake cara sederhana aja gitu…
                oK…kembali ke Laptop... Menurut Yaya cara yang paling mudah buat membuktikan semangat Nasionalisme itu buat kita yang notabennya masih pelajar nieh.. ya dengan belajar dan berani untuk mencoba hal baru dengan tekun dan penuh kreatifitas dalam menjalaninya. Selain itu, sebagai remaja Indonesia yang baik, kita hendakknya selalu bergelut di dunia yang positif.. tak takut dengan tantangan, dan memperkaya diri dengan inovasi2 baru yang berguna untuk merancang masa depan kita biar lebih baik. So…buat temen2 yang dulu2 hobinya ngebukin anak orang, nggak papa kok… tapi sekarang yang digebukin jangan anak orang lagi, gebukin aja tuh dram kuat2,siapa tau kamu bisa jadi pemain dram ternama, truz yang suka provokasi temennya buat berantem, ikutan aja tuh English Debat… biar jadi lancar ngomong Inggrisnya, terus bisa sekolah di luar negeri.  Sederhana kan?
                Yah… kehidupan remaja tuh emang penuh warna dan ekspresif banget yeee. Jadi, nggak pengen banget deh buat ngelewatin sedetik pun tanpa menorehkan makna di dalamnya. Tapi, makna itu akan lebih bermakna kalo kita mengisinya dengan hal yang positif,,,, positif buat diri kita dan bangsa ini.. Udah pada tahu dong ada teori yang menyatakan perubahan itu di mulai dari diri kita sendiri? Nah…jika kita sudah berhasil memanage diri kita menjadi lebih baik, insya Allah kita bisa mewujudkan Indonesia ke arah yang baik pula.
                Ada nggak sieh kaitannya dengan nasionalisme? Iya dong…. Jika remaja2 Indonesia terkenal akan prestasinya yang membanggakan, maka secara tidak langsung kita telah berpartisipasi mengharumkan bangsa ini. Dan perlahan2 semangat nasionalisme itu akan muncul seiring dengan perjuangan kita untuk melahirkan karya2 yang menawan untuk bumi pertiwi.
                Ehm,,, ngomongin Indonesia disaat seperti ini emang bikin sedih sieh…apalagi kita kan punya misi buat ngewujudkan MDG’s dalam jangka 5 tahun ke depan. Sampai sekarang aja di Indonesia masih banyak anak yang nggak tersentuh ama pendidikan… meskipun katanya APBN dianggarkan buat pendidikan sebanyak 20%. Nyatanya tidak terlalu menorehkan perubahan yang signifikan buat Indonesia. Tapi, kita doain aja deh…semoga MDG’s bisa terealisasi di Indonesia dalam pada tahun 2015. Amien…. Tentunya itu semua akan jadi omong kosong belaka tanpa parisipasi dari kita, kawan///// so….. mulai sekarang…. Tempalah diri kalian dengan hal2 yang positif dan bermanfaat… and prepar your self to a big change….OKK brO???
               
               
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar